Batam, 11-02-2021 – Tak perlu repot-repot buka laptop, masyarakat kini dapat mengakses fitur pelayanan dan perizinan Bea Cukai Batam melalui aplikasi Bea Cukai Batam Information Online Apps (BIOLA) yang telah tersedia di Google Play.

Kepala Subbagian Dukungan Teknis Bea Cukai Batam, Hery Rusdaman menjelaskan bahwa BIOLA merupakan aplikasi mobile yang dikembangkan pihaknya dan diperuntukkan bagi pengguna jasa dan pegawai Bea Cukai Batam dalam mengakses pelayanan dan perizinan.
“BIOLA saat ini telah tersedia di Google Play, masyarakat dapat mengakses fitur layanan dan izin yang ada di Bea Cukai Batam melalui handphone,” jelas Hery.

Hery mendetailkan, akses pelayanan dan perizinan yang dimaksud adalah seperti Batam Logistic Ecosystem (BLE), Ion Beta, Barang Kiriman, IMEI, Yatch & Vessel Declaration, serta berbagai macam fitur lainnya.

“Di bagian dashboard terdapat informasi penerimaan bea masuk, bea keluar dan cukai dari tahun ke tahun, media pelaporan dan monitoring gratifikasi dan tip,” tambah Hery.

Bagi pengguna jasa atau masyarakat yang menemukan pelanggaran oleh petugas Bea Cukai Batam dapat memanfaatkan fitur monitoring gratifikasi dan tip untuk melakukan pelaporan.

“Masyarakat yang tidak sempat atau tidak berkenan ke kantor dapat dengan mudah apabila akan melaporkan pelanggaran yang dilakukan oleh petugas kami,” ungkap Hery.

Selain itu, Hery menyebutkan fitur lainnya yaitu kalkulator pabean yang dapat dimanfaatkan untuk menghitung jumlah bea masuk dan pajak dalam rangka impor (PDRI).

“Juga tentunya BIOLA menyajikan fitur terkait kehumasan Bea Cukai Batam, seperti informasi berita, video, dan lainnya,” pungkas Hery.

“Aplikasi ini sangat membantu kinerja Bea Cukai khususnya Bea Cukai Malang dalam upaya memberantas peredaran rokok ilegal di wilayah Malang Raya,” ujarnya.

Muladi mengatakan, dengan disosialisasikannya penggunaan aplikasi SIROLEG versi 2021 ini diharapkan ada sinergi positif dan efektif antara Pemda dan Bea Cukai. “Pelaporan pengumpulan informasi melalui SIROLEG juga bermanfaat bagi penilaian kinerja Pemda yang dihitung sesuai informasi yang masuk di aplikasi SIROLEG,” ungkap Muladi.