Cara Import Barang China secara grosir baik sendiri maupun melalui Jasa Import China

Berbagai produk dari China merupakan pilihan yang bagus sebab pasar tenaga kerja yang murah membuat produsen China juga menawarkan berbagai produk dengan harga yang rendah. Meski begitu, anda juga harus teliti mengenai praktik serta aturan bisnis di China khususnya jika anda masih pemula.

1. Cari Pedagang Terpercaya dan Terkenal

Pedagang grosir yang anda pilih harus bisa diandalkan jika memang anda ingin sukses dalam bisnis. Untuk itulah sebelum anda memutuskan memilih pedagang grosir, maka pastikan anda mencari informasi mengenai etika bisnis dan saat berurusan dengan pembeli asing.

Ada banyak pedagang grosir di China namun untuk menemukan pedagang yang jujur terbilang cukup sulit. Jika memang anda sudah menemukan pedagang grosir terpercaya, maka pertahankan hubungan yang sehat dengan pedagang seperti mengirim pesan teks secara teratur.

2. Persiapkan Pengiriman

Sesudah anda memutuskan produk dan pedagang grosir yang tepat, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan untuk pengiriman ke negara asal anda yang tentunya butuh banyak prosedur. Sebetulnya, membeli lewat grosir hampir sama dengan membeli dari pabrik dalam urusan pemasok meski memang ada beberapa hal yang membuat cara membeli dari grosir dan pabrik memiliki perbedaan.

3. Beli Secara Online

Membeli secara online membutuhkan banyak pertimbangan. Ada berbagai situs seperti contohnya Alibaba, Made In China dan beberapa situs lain yang bisa anda gunakan untuk membeli secara grosir dari China.

Anda juga bisa mencari grosir di internet. Akan tetapi, hal yang harus dipikirkan adalah anda tidak bisa memastikan kualitas barang yang akan anda beli. Barang yang ditampilkan pada web mungkin saja terlihat bagus dan menarik, namun ketika barang sampai bisa saja tidak sesuai dengan apa yang anda harapkan.

Anda hanya bisa mengetahui kualitas barang dengan baik ketika barang tersebut sudah sampai ke tangan anda sehingga anda harus teliti ketika ingin membeli barang grosir dari China secara online. Jika anda ingin membeli grosir secara online, maka anda juga harus membayar tengkulak online.

Pada saat ingin membayar grosir online, sebaiknya hindari lewat transfer antar bank dan pembayaran kartu kredit menjadi cara terbaik sekaligus aman sebab pembayaran bisa dibatalkan jika memang terjadi sesuatu yang salah.

Pakai juga pelacak pengiriman dan pastikan anda sudah menerima nomor pelacakan tersebut dari pemasok barang. Konfirmasi produk tersebut sebelum anda memutuskan untuk membayar barang tersebut. Usahakan juga agar pesanan anda memiliki persediaan yang cukup agar terhindar dari keterlambatan pengiriman.

4. Kunjungi Pabrik Cina

Mengunjungi pabrik pabrik China menjadi pilihan lebih baik yang bisa anda lakukan sebab anda akan berurusan langsung dengan pabrik tanpa melewati perantara. Anda nantinya bisa bertemu langsung dan berbicara dengan pemasok. Untuk pendekatan, anda bisa menawarkan pesta informal atau acara makan malam agar bisa mencari tahu hal terbaru dari pasar China tersebut.

Dengan cara ini, anda bisa memperoleh keuntungan yang lebih besar dan tentunya harga yang lebih bersahabat sambil turut membangun hubungan baik dengan para pemasok.

Meski begitu, mengunjungi pabrik China juga memiliki beberapa kekurangan, seperti:

  • Bepergian langsung ke negara China tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
  • Anda harus memiliki banyak waktu untuk mengunjungi beberapa pabrik China, membuat kesepakatan, mengatur pengiriman dan sebagainya.
  • Meski banyak pemasok yang juga akan membantu anda dengan semua prosedur, akan tetapi anda juga harus hadir selama semua proses tersebut dilakukan dan ini berarti bisnis anda di negara asal juga tidak mendapatkan perhatian penuh dari anda.

Selain itu, anda juga harus mengikuti beberapa etika seperti memakai kedua tangan anda ketika ingin memberi atau menerima kartu nama. Akan lebih baik juga jika kartu nama anda dicetak dalam bahasa Inggris dan bahasa China sebab anda juga tidak bisa terburu buru untuk berbicara dengan pedagang grosir. Lakukan dengan sabar dan luangkan waktu anda untuk membuat kesepakatan dengan pedagang tersebut.

5. Kunjungi Pameran Dagang

Pameran dagang juga menjadi cara yang efektif agar bisa mendapatkan banyak kesempatan untuk bertemu dengan banyak pemimpin bisnis dalam satu area. Akan tetapi, anda hanya bisa membayangkan produknya saha dan pembelian tidak bisa dilakukan di pameran dagang tersebut.

6. Hal Penting Ketika Membeli Grosir dari China

Apabila anda ingin mendapatkan barang barang dari pabrik China, maka anda harus siap untuk menunggu lebih lama dan MOQ yang juga lebih tinggi. Ini akan terasa sulit khususnya jika anda memang merupakan seorang pemula. Untuk itu, grosir menjadi pilihan terbaik dibandingkan dengan pabrik. Tanpa adanya MOQ, maka anda bisa memperoleh segera barang yang anda inginkan dalam waktu cepat.

  • MOQ rendah: MOQ rendah menjadi keuntungan tersendiri bagi perusahaan startup yang sedang kekurangan dana atau uang. Apabila anda ingin menguji kualitas, maka terlebih dulu anda bisa memesan dengan volume yang rendah dari produk tersebut. Jika anda puas, maka anda bisa melanjutkan dengan volume yang lebih besar.
  • Masalah peraturan: Produk China mungkin juga tidak memenuhi standar peraturan di beberapa negara. Untuk itu, pastikan anda memeriksa peraturan tersebut sebelum mulai memesan barang grosir yang anda inginkan dari China bisa meliputi standar keamanan atau standar teknis.
  • Tidak terdapat kustomisasi: Produk barang dari grosir merupakan barang yang sudah dibuat dan siap jadi. Untuk itu, anda tidak bisa melakukan kustomisasi dan juga tidak bisa mendapatkan merek.
  • Kekurangan lisensi: Mendapatkan produk grosir dari China juga tidak semudah seperti yang anda pikirkan. Banyak pedagang besar di China yang ternyata tidak memiliki lisensi yang dibutuhkan untuk ekspor sehingga mereka tidak bisa menjual produk ke luar negeri sehingga biasanya lebih menargetkan pasar domestik.

 

Untuk memudahkan tahapan-tahapan di atas kini sudah banyak hadir Jasa Import China / Jasa Pengiriman barang-barang dari China. Adapun masih perlu perhatian khusus didalam memilih Jasa Pengiriman / Jasa Import China tersebut yang mana akan kita bahas di artikel selanjutnya.

 

 

Jasa Import China

RTS Expedition & Logistic
All shipment from china is our speciality